Senin, 24 September 2012

LIBURAN KE KUALA LUMPUR


Ini merupakan kali pertama bagi saya maupun istri saya, berlibur di negri orang. Tujuan kami adalah negara tetangga yaitu Kuala Lumpur, Malaysia. Selain karena dekat dan hemat dari segi biaya (dibanding ke Jawa, karena dekat dari Pekanbaru) juga dikarenakan bahasanya yang tidak terlalu jauh berbeda dengan Indonesia. Seperti liburan sebelumnya, liburan kali ini juga tanpa planning. Hari itu saya dalam kejenuhan kerja, sedangkan cuti tahunan sudah jatuh tempo Juli 2012 bulan lalu. Beberapa teman kerja saya menyarankan untuk mengambil cuti. Permohonan cuti pun saya ajukan beberapa hari sebelum hari H. Tapi syukurnya cuti saya disetujui. Saya segera searching internet untuk membeli tiket pesawat dan voucher hotel yang ada disitu. Kami merencanakan untuk menginap disana 4 hari 3 malam. Tapi karena dadakan, ya dapat harga yang dadakan juga L sedangkan paspor telah kami buat sebelumnya, jauh sebelum saya cuti.

Hari yang dinanti pun tiba. Kami mempersiapkan diri selalu fit agar disitu tidak sakit (sayang khan liburan kq sakit). Kami berangkat dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK III) Pekanbaru menuju Bandara Subang KL pagi hari jam 10. Namun kami sudah sampe di bandara jam 8, lebih awal karena belum pernah ke luar negri sebelumnya (takutnya ada prosedur2 yang kami belum tau :D) Saya baca  diinternet sedikit rumit dan ribet. Ternyata setelah saya jalani, tidak parah2 banget. Setelah check in di bandara kami menuju imigrasi, kemudian paspor kami di cap (ga ada juga ditanya2), dan dipersilahkan masuk untuk nunggu pesawat.

Cukup lama kami menunggu pesawat (2 jam), kami isi dengan bermain2 dengan anak2. Tak terasa pesawat pun tiba dan kami berangkat. Bismillah. Perjalanan dari Pekanbaru ke KL kira2 40 menit. Baru jalan sebentar udah nyampe. Bandaranya biasa saja. Ga ada perbedaan kalo sekarang lagi berada di luar negri..:D kami melewati imigrasi Malaysia. Namun perbedaannya kalo imigrasi Indonesia wajahnya serem2..kalo disini ramah dan bersahaja..:) anak saya pun disapa petugas imigrasinya. Disitu juga ga ada poter dan calo2 taksi seperti di negra kita. Saya memesan taksi di tempat yang telah disediakan dengan harga yang wajar. Sepintas tidak ada perbedaan antara Jakarta dengan KL. Banyak gedung2 bertingkat, jalan tol, jalan lingkar, fly over, dsb. namun akhirnya saya juga menemukan perbedaannya. Disana hampir tidak saya temukan macet yang parah seperti di Jakarta. Pihak kerajaan Malaysia melaksanakan kebijakan yang lebih mengutamakan transportasi umum seperti menyediakan public transport, bus rapid, monorail, kereta LRT yang cukup banyak dan representatif, pajak kendaraan dan tarif parkir yang relative tinggi. Sehinga orang lebih memilih transportasi umum dibanding memakai kendaraan pribadi. Kami saja disitu kemana-mana naik bus (kebetulan saat itu masih baru diperkenalkan oleh pemerintah setempat) dan gratis alias free. Busnya bagus ada AC dan WiFinya.

Kembali ke cerita tadi, akhirnya kami sampe juga dihotel yang telah dipesan diinternet. Hotel yang kami pilih berlokasi di Bukit Bintang, karena di daerah sini katanya surga shopping. Kami sampe dihotel sore karena ada perbedaan waktu antara Indonesia dengan Malaysia 1 jam. Sore itu kami manfaatkan untuk jalan-jalan di sekitar Bukit Bintang. Banyak mall2 yang ada disana seperti Pavilion, Lot 10, BB Plaza, Berjaya Times Square, dll.




Malamnya kami berwisata kuliner di Jalan Alor yang terkenal dengan makanan2nya. Kemudian kami kembali ke hotel untuk beristirahatnya. Esok harinya, setelah sarapan di hotel kami bersiap untuk berangkat. Tujuannya adalah Twin Tower/Menara Kembar/Petronas yang menjadi ikon kota KL Malaysia ini. Kami menuju kesana dengan berjalan kaki, karena sudah ada pedestrian street dari Bukit Bintang menuju KLCC. Tidak terlalu jauh, akhirnya kami sampe di Taman KLCC. Disitu ada permainan anak2 dan kolam renang untuk anak. Tanpa dipungut biaya. Tamannya bersih, tidak ada satu pun sampah apalagi orang2 yang jualan.



Setelah anak2 puas bermain, kami melanjutkan perjalanan ke menara kembar. Namun sebelumnya kami makan siang dulu di Suria Mall sekaligus untuk shalat zuhur. Setelah itu kami baru ke Menara Petronas karena masih satu gedung dengan Suria Mall dan tak lupa berfoto2..:D


Kami tidak naik keatas menara, karena untuk masuk harus antri dari pagi untuk mendapatkan tiket. Oleh karena itu kami melanjutkan perjalan menuju Menara KL, salah satu ikon KL juga. Dan tak lupa foto2..:D


Karena anak2 udah ketiduran kami kembali ke hotel untuk beristirahat. Kami pun balik ke hotel sore hari. Karena kecapean anak2 tidurnya cukup nyenyak.

Hari berikutnya, rute kami adalah Pasar Seni/Central Market dan Petalling Street/China Town untuk membeli oleh2. Kami menuju kesana naik monorail. Dari stesien Bukit Bintang ke Maharajalela. Berjalan sedikit sudah sampe yang namanya China Town. Disana kami membeli sedikit oleh2 dan juga foto2..


Dari Petalling Street kami berjalan sedikit sudah sampe di Central Market dan Jalan Kastury. Belanja lagi dan foto lagi deh..


Setelah puas shopping, kami kembali ke hotel untuk segera packing dan istirahat karena esoknya harus kembali ke Indonesia. Pagi harinya setelah sarapan pagi kami telah bersiap2 check out.. takutnya telat sampe ke Bandara, karena kali ini kami berangkat dari Bandara KLIA LCCT. Sedangkan pesawat yang akan kami tumpangi jam 12. Setelah check out kami memesan taksi yang memang banyak mangkal di daerah Bukit Bintang. Syukurlah sopir taksinya baik hati. Ia menawarkan kepada kami untuk berjalan-jalan dulu karena masih lama take offnya tanpa tambahan ongkos. Ia pun mengantarkan kami ke rumah coklat Beryl. Disana kami membeli coklat bermacam rasa dan minta tolong kepada sopir taksi tsb untuk memfotokan kami...:D



Sebenarnya masih banyak tempat yang ia tawarkan namun karena kami takut terlambat jadi kami minta ia mengantarkan langsung ke bandara. Alhamdulillah kami sampe dibandara tepat waktu dan masih sempat untuk makan siang. Setelah check in dan melewati petugas imigrasi, tak lama kemudian pesawat kami datang dan kami kembali ke rumah, Pekanbaru, Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar